Spesies Kaki Seribu Baru ini Memiliki 414 kaki dan 4 alat kelamin

/Spesies Kaki Seribu Baru ini Memiliki 414 kaki dan 4 alat kelamin

Spesies Kaki Seribu Baru ini Memiliki 414 kaki dan 4 alat kelamin

Jika membicarakan lipan berkaki seribu, pasti langsung terbayang kaki mereka yang begitu banyak. Tidak lama ini, ada seekor spesies kaki seribu baru yang ditemukan bersembunyi di sebuah goa di California. Anehnya, Antropoda baru ini memiliki 414 kaki dan 4 “penis”. empat alat kelamin itu terbentuk karena evolusi bagian tubuhnya sendiri yang kemudian beralih fungsi untuk menyalurkan sperma. Peneliti saat ini hanya menemukan specimen jantan dari jenis lipan baru ini, untuk itulah masih belum diketahui bagaimana bentuk dari spesies betinanya.

Penemuan ini dimulai dari para peneliti yang melakukan survey di gua utama di Sequoia dan di sekitar Taman Nasional Kings Canyon pada tahun 2002 hingga 2004. Kegiatan ini masih berlangsung hingga tahun 2009. Pada saat itu, lebih tepatnya Oktober 2006, seorang ahli goa Jean Krejca, menemukan kaki seribu kecil berukuran sekitar 0,8 inci (20 milimeter). Oleh Krejca specimen itu di kirim ke Paul Marek di Virginia Tech dan William Shear dari Hampden-Sydney College di Virginia.

Para peneliti segera menyadari bahwa mereka memiliki sesuatu yang baru di tangan mereka, yaitu spesies dalam genus Illacme. Hanya terdapat satu spesies lain dari Illacme yang pernah ditemukan sebelumnya, yaitu Illacme Plenipes. Spesies yang berasal dari San Benito County, California ini, berada di 150 mil (240 kilometer) jauhnya dari Gua Lange (tempat ditemukannya kaki seribu dengan 414 kaki), dengan 750 kaki masing-masing. Illacme plenipes adalah kaki seribu dengan jumlah kaki terbanyak di planet ini.

Baca Juga:  Ketika Anda Mulai Jenuh, Inilah Tips Agar Anda Tetap Menikmati Pekerjaan Anda

Para peneliti memberi nama spesies baru itu sebagai Illacme tobini, diambil dari nama Ben Tobin, seorang spesialis gua di Grand Canyon National Park yang mengorganisir penelitian kaki seribu yang baru ini.

Penemuan Langka

Setelah penemuan itu, peneliti menghabiskan beberapa tahun mencari spesimen baru di gua Lange dan pada 63 lokasi lain di kaki bukit Sierra Nevada. Mereka mencari di dedaunan, kayu-kayu dan bebatuan, tapi tidak menemukan apa pun. Sehingga akhirnya, spesies kaki seribu jantan yang baru ditemukan di Gua Lange itu, ditaruh di habitat hutan di Yucca Mountain. Kaki seribu tanpa mata ini memakan jamur disekitarnya. Para peneliti menuliskan pada 20 Oktober lalu di jurnal ZooKeys, bahwa kaki ke 9 dan ke 10 yang diubah menjadi alat kelamin baru itu diberi nama gonopod.  Bagian tubuh ini yang bertugas untuk menyalurkan sperma ke bagian tubuh betina.

Selain itu kaki seribu ini juga memiliki 200 pori-pori yang bertugas untuk mengeluarkan cairan. Akan tetapi cairan apa yang dikeluarkan itu masih belum terindentifikasi, mungkin digunakan untuk pertahanan dari predator sekitarnya. Masih belum jelas apaka I. tobini hanya hidup di gua atau ada kemungkinan dapat ditemukan di tempat persembunyian kaki seribu umumnya di bawah batu.

Baca Juga:  Tiga Hal yang Paling Ditakuti Ketika Wawancara & Bagaimana Cara Menghadapinya

Illacma plenipes yang ditemukan pada tahun 1928 ini, membuat I. toboni menjadi satu-satunya Illacme kedua yang pernah ditemukan setelah menunggu lebih dari 90 tahun. Kedua spesies ini merupakan keluarga besar Siphonorhinidae, yaitu daftar hewan langka yang terdiri dari 12 spesies. Illacme adalah satu-satunya yang ditemukan di Amerika Utara, untuk spesies lain dalam keluarga yang sama berasal dari vietnam, Afrika Selatan, India, Madagaskar serta Indonesia.

Sumber: National Geography

By | 2017-09-08T10:10:59+00:00 September 6th, 2017|General, pendidikan, Trending|0 Comments