Rahasia Kenapa Makanan Mempengaruhi Otak Anda

/Rahasia Kenapa Makanan Mempengaruhi Otak Anda

Rahasia Kenapa Makanan Mempengaruhi Otak Anda

Apa yang selama ini Anda konsumsi tentu saja berpengaruh besar pada otak Anda. Nah, pertanyaannya seperti apa sih kira-kira gambaran makanan yang kita konsumsi bisa mempengaruhi otak itu?

Sumber: Wanderbites

 Sebagian besar otak kita terdiri dari jaringan lemak yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sedangkan sisanya ada zat seperti protein, asam amino, mikronutrien dan glukosa. Otak sendiri bukan hanya kumpulan sebagian nutrisi atau zat saja, semua komponen gizi memiliki dampak yang berbeda-beda pada otak dari mempengaruhi fungsi otak, pengembangannya, mengendalikan suasana hati dan juga energi. tubuh Sehingga wajar kalau jatah makan siang Anda tiu mempengaruhi suasana hati atau mood Anda. Ini merupakan salah satu contoh efek makanan pada otak.

Seperti yang sudah disinggung, sebagian besar otak kita terdiri dari lemak, dan superstar lemak yang mendominasi otak adalah omega 3 dan 6. Asam lemak ini penting untuk mencegah degenerasi otak. Untuk itu memakan makanan yang mengandung banyak zat omega seperti kacang, biji dan ikan laut, sangat penting untuk memelihara membrane sel otak agar tetap sehat. Mengkonsumsi lemak omega memang sangat dianjurkan, akan tetapi jika mengkonsumsi terlalu banyak lemak trans atau lemak jenuh, maka akan terjadi yang sebaliknya dan membahayakan kesehatan otak.

Sumber: Wanderbites

Selain lemak, protein dan asam amino di dalam otak membantu proses pertubuhan dan perkembangan, termasuk juga memanipulasi bagaimana kita merasakan sesuatu dan berperilaku. Asam amino mengandung precursor untuk neurotransmitter, yaitu jaringan kimia yang membaca sinyal antar neuron di otak. Inilah yang akan mempegaruhi hal-hal seperti suasana hati, jam alam tidur, dan berat badan. Jaringan inilah yang menjadi alasan kita mungkin merasa tenang setelah makan sepiring spageti atau makan-makanan yang kaya protein.

Baca Juga:  Spesies Kaki Seribu Baru ini Memiliki 414 kaki dan 4 alat kelamin

Kombinasi komplek dari makanan yang kita konsumsi dapat merangsang sel-sel otak untuk mengatur suassan hati dan mengubah norepinefrin, dopamine dan serotonin secara bersamaan. Ini yang membuat sel-sel otak menjadi kewalahan dan asam amino pun harus bersaing untuk mendapatkan akses jalan menuju otak dan menjalankan tugasnya. Untuk itulah menu makanan yang Anda konsumsi perlu diatur untuk menjaga keseimbangan kerja otak dan membuat suasana hati Anda menjadi lebih tenang.

Sama dengan organ lain di dalam tubuh kita, otak juga mendapatkan dari pasokan gizi mikro dari buah-buahan yang Anda konsumsi. Antioksidan dalam buah dan sayur dapat menguatkan otak untuk melawan radikal bebas yang berusaha merusak sel-sel otak, sehingga membuat Anda dapat fokus bekerja lebih lama. Selain itu tanpa zat gizi mikro seperti vitamin B6, B12 dan asam folat, otak kita akan rentan terhadap penyakit otak dan penurunan mental. Bahkan sejumlah mineral seperti tembaga, seng, dan natrium juga penting untuk menjaga kesehatan otak.

Agar otak dapat secara efisien mengubah dan mensintesis nutrisi yang berharga itu, diperlukan bahan bakar yang cukup banyak. Meskipun otak manusia hanya mencakup 2% dari berat seluruh tubuh, tetapi otak memerlukan 20% sumber energi yang kita punya.

Sumber: Wanderbites

Tubuh kita mendapatkan energy dari karbohidrat yang kemudian dicerna menjadi glukosa atau gula darah. Tapi uniknya, beberapa jenis karbohidrat yang kita makan ternyata mempengaruhi otak kita. Karbohidrat itu dibagi menjadi tiga bentuk: pati, gula dan serat. Sementara pada kebanyakan label nutrisi, mereka semua disatukan menjadi satu jumlah total karbohidrat. Rasio gula dan serat subkelompok yang terkandung dalam makanan Anda mempengaruhi bagaimana tubuh dan otak merespon. Untuk makanan yang memiliki glikemik tinggi, seperti roti, menyebabkan pelepasan glukosa dalam darah lebih cepat. Itu yang menyebabkan kenapa kenapa Anda menjadi lebih cepat lapar. Selain itu gandum utuh, biji-bijian dan kacang melepaskan glukosa lebih lambat dan membuat Anda bisa lebih kenyang lebih lama dan membuat otak Anda berjalan lebih lancar.

Baca Juga:  Tiga Hal yang Paling Ditakuti Ketika Wawancara & Bagaimana Cara Menghadapinya

Untuk itu penting untuk mengatur pola makan Anda, karena apa yang Anda gigit, kunyah dan telan itu mempengaruhi kinerja otak Anda. Dan karena otak Anda adalah pusat control tubuh Anda, untuk itu tubuh Anda juga akan mendapatkan imbasnya.

By | 2017-09-08T10:51:16+00:00 September 6th, 2017|General|0 Comments