Ketika Anda Mulai Jenuh, Inilah Tips Agar Anda Tetap Menikmati Pekerjaan Anda

/Ketika Anda Mulai Jenuh, Inilah Tips Agar Anda Tetap Menikmati Pekerjaan Anda

Ketika Anda Mulai Jenuh, Inilah Tips Agar Anda Tetap Menikmati Pekerjaan Anda

Banyak orang yang tidak menyukai pekerjaan mereka. Sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 1 dari 5 orang yang benar-benar menikmati pekerjaan mereka, 1 dari 5 orang yang tidak menyukai pekerjaan mereka, dan sisanya netral mengenai topik ini. Karena kebanyakan dari kita menghabiskan lebih banyak waktu bekerja daripada melakukan hal lain kecuali tidur, maka untuk tidak menyukai pekerjaan adalah suatu bencana. Kecuali Anda adalah tipe orang yang bisa menikmati penderitaan dengan cara terus menerus mengeluh. Namun, akan lebih baik jika anda bisa menyukai pekerjaan anda.

source: local-guru

Banyak artikel yang memberi saran untuk fokus mencari pekerjaan lain, yang sesuai dengan keinginan Anda. Tapi bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan tersebut? Mungkin Anda telah menghabiskan bertahun-tahun membangun keterampilan atau keahlian di perusahaan tempat anda bekerja sekarang, dan untuk mencari pekerjaan baru, Anda harus memulai lagi dari nol. Pekerjaan Anda saat ini bisa saja memberikan sesuatu yang bagus jika Anda tetap semangat dan tidak menyerah. Bisa jadi, karena himpitan ekonomi, langkah paling bagus adalah tetap bertahan. Mudah untuk mengasumsikan bahwa Anda tidak dapat mengubah perasaan Anda terhadap pekerjaan Anda. Kita berkata kepada diri kita sendiri, ‘memang begitu.’ Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menikmati pekerjaan Anda.

Pertama, berhenti bergaul dengan orang yang suka membenci orang lain. Di setiap organisasi, akan selalu ada orang yang sangat senang menggunjing. Orang-orang sinis terutama, mereka akan menghibur diri dengan menceritakan aib orang lain termasuk bos, sistem di perusahaan, karyawan lainnya, dan bahkan pekerjaan itu sendiri. Meskipun ada kepuasan dibalik cerita gunjingan, dalam jangka panjang itu hanya akan membuat Anda tidak bahagia. Mendengar hal negatif tentang tempat kerja Anda membuat anda sulit untuk melihat hal-hal positif yang mungkin ada, dan pada akhirnya akan membuat Anda merasa tidak betah. Menghabiskan waktu dengan rekan kerja yang memiliki pandangan positif dapat secara dramatis mengubah respons emosional Anda terhadap pekerjaan Anda.

 

Yang kedua adalah berbicara dengan diri sendiri. Banyak artikel menjelaskan mengenai manfaat berbicara dengan diri sendiri. Hal ini sangat penting untuk menikmati pekerjaan Anda. Beberapa tahun yang lalu saya melatih seorang klien senior yang tidak bahagia karena baru mengetahui bahwa dia tidak dianggap sebagai kandidat jabatan tertinggi di perusahaannya. Selama sekitar enam bulan, klien saya terus berbicara kepada dirinya sendiri, “Mengapa saya harus bertahan di sini? Saya tidak akan pernah bisa mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Namun jika mengakhiri karir, saya tidak akan memiliki kegiatan lagi.” Lalu kami berbicara tentang apakah dia harus memulai mencari pekerjaan baru, tapi dia belum siap melakukannya. Banyak faktor pribadi dan dia terikat profesionalitas pada pekerjaannya saat ini. Lalu dia mulai mempertanyakan dirinya sendiri: Apakah saya benar-benar perlu menjadi CEO untuk bahagia? Apa yang salah dengan pekerjaan saya saat ini? Dia mengalihkan pesan self-talk-nya ke: “Saya memiliki pekerjaan yang besar dan kompleks, menarik, dan saya dapat memiliki dampak positif yang besar pada organisasi dan orang-orang yang bekerja di sana.”

 

By | 2017-08-05T15:38:27+00:00 Agustus 5th, 2017|General, Pekerjaan, Tips dan Trik|0 Comments