Contoh Jawaban yang tepat untuk bernegosiasi tentang gaji

/Contoh Jawaban yang tepat untuk bernegosiasi tentang gaji

Contoh Jawaban yang tepat untuk bernegosiasi tentang gaji

 

Anda mungkin merasa tidak berdaya sebelum Anda dapat secara resmi menandatangani tawaran pekerjaan yang akan diberikan kepada Anda. Karena toh memang, Anda belum secara resmi diterima. Tapi hal itu bukan berarti Anda tidak harus menanyakan perihal gaji. Anda tetaplah memiliki hak untuk bernegosiasi ketika mendapatkan tawaran itu. Ingat, manager penerimaan pegawai itu telah melakukan serangkaian tes kepada Anda. Mereka telah menjalankan konsesus untuk memperkerjakan Anda, yang mereka lakukan tinggal menutup kesepakatan dan membuat Anda bekerja. Jadi merekalah yang memerlukan Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa menegosiasikan gaji yang mencerminkan nilai Anda? Langkah pertama adalah mempersenjatai diri dengan beberapa data pasar mengenai gaji rata-rata untuk posisi Anda, mengingat setiap kota memiliki UMR berbeda-beda.

Selanjutnya, faktor dalam tingkat pengalaman dan atribut unik  yang Anda miliki. Nilai positif Anda ini yang mungkin akan menjadikan Anda kandidat yang dihargai, sehingga Anda dapat mengajukan nilai yang lebih dari rata-rata.

Jika sudah memahami kelebihan Anda, buatlah komulasi nilai gaji yang lebih sedikit dari jumlah yang Anda inginkan. Sehingga jika mereka menawarkan gaji lebih sedikit dari yang Anda minta, Anda tetap akan puas dengan hasilnya.

Sekarang mari kita lihat jenis negosiasi yang berkaitan dengan percakapan riil dengan manajer perekrutan:

Contoh kasus:

Anda mendapat tawaran untuk mendapatkan gaji awal sejumlah 3 juta rupiah, yang sebenarnya Anda ketahui sedikit lebih rendah untuk industri tersebut. Jangan menganggap ini sebagai kata terakhir tentang apa yang akan Anda terima. Tapi gunakan ini sebagai kesempatan untuk bernegosiasi. Ingat, penawar kerja cenderung menawarkan angka yang lebih rendah untuk mengantisipasi negosiasi yang akan terjadi.
Jawaban:

“Saya sangat senang dengan posisi ini dan saya yakin saya akan cocok untuk menjadi salah satu rekan tim di perusahaan Anda. Saya sangat gembira dengan tawaran Anda tadi, apa lagi jika melihat kemampuan dasar saya yang akan memberikan nilai positif pada perusahaan. Saya bertanya-tanya apakah saya dapat menaikkan gaji awal menjadi 4 juta. Penelitian pasar saya menunjukkan angka tersebut adalah nilai rata-rata gaji untuk industry area ini. Dan saya yakin Anda akan sengat senang dengan bagaimana saya akan berkontribusi dalam tim nantinya.”

Anda mungkin akan merasa gugup dalam menyampaikan pesan ini, tapi tetap teguh dan optimis. Jangan khawatir penawaran itu akan dibatalkan hanya karena Anda sedang bernegosiasi. Hal terburuk yang bisa terjadi, jika Anda melakukannya dengan cukup baik, adalah manajer perekrutan akan mengatakan tidak. Selain kemungkinan kecil itu, kebanyakan para manajer akan mendorong Anda untuk menurunkan nilainya sedikit demi sedikit. Anda mungkin mendengar sesuatu seperti:

“Saya senang karena Anda tertarik pada posisi tersebut, dan tim juga senang dengan kemungkinan bekerja sama dengan Anda. Namun, posisi ini hanya dianggarkan sebesar 3 juta rupiah.”

Di sinilah banyak kandidat akan mundur, dan merasa bersyukur telah mendapat tawaran. Jangan menjadi salah satu dari mereka! Lanjutkan dengan mengejar gaji yang Anda tahu layak. Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti:

“Saya benar-benar mengerti masalah penganggaran, dan saya ingin bersikap fleksibel untuk bekerja dengan tim Anda. Saya masih sangat bersemangat untuk bergabung dengan grup Anda, dan ingin menjajaki apakah gaji 4 juta rupiah dimungkinkan, mengingat pengalaman dan keahlian khusus saya.”

Jika manajer sudah memberikan paku telak di kesepakatan  dan berkata, “Saya minta maaf, tapi ini adalah tawaran terakhir kami,” maka setidaknya Anda tahu bahwa Anda telah mencobanya. Tapi ada juga kemungkinan lain seperti:

“Baiklah, saya tidak yakin apakah ini akan sesuai dengan anggaran kita, tapi coba saya diskusikan dulu. Kami akan menghubungi Anda lagi besok.”

Tetap tenang dan percaya diri, lalu balas dengan sesuatu yang sederhana seperti, “Terima kasih, saya sangat menghargai bantuan Anda ini.”

Baca Juga:  Ini Dia 5 Cara Cari Uang Lewat Android

Sekarang Anda tinggal menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya. Bisa jadi keesokan harinya manajer perekrutan akan datang lagi kepada Anda dengan menawarkan nilai gaji di tengah-tengahnya:

“Saya bisa mendapatkan persetujuan untuk gaji awal sebesar 3,5 juta, mengingat betapa kami semua menginginkan Anda di tim kami.”

Seperti yang disarankan sebelumnya, karena Anda sudah memberikan nilai beberapa ratus ribu lebih tinggi dari yang Anda harapkan, Anda mungkin akan merasa cukup senang dengan tawaran final tersebut. Ingat, alasan utama kenapa para pekerja itu tidak dibayar selayaknya, bukan karena meraka tidak pantas mendapatkannya, tetapi karena mereka tidak memintanya.

By | 2017-07-30T14:41:38+00:00 Juli 27th, 2017|Bisnis, Gaji|0 Comments