Tips Mengelola Gaji Bulanan

/Tips Mengelola Gaji Bulanan

Tips Mengelola Gaji Bulanan

Apakah Anda termasuk orang yang selalu cemas ketika akhir bulan datang? Takut uang yang anda miliki tidak mencukupi kebutuhan hingga gajian nanti? Berharap agar uang anda tidak bocor untuk hal-hal yang tidak penting? Jika jawabannya adalah iya, berarti ada sedang terjerat masalah yang juga dialami oleh kebanyakan orang. Dengan membaca tulisan ini, anda mungkin akan segera mendapat pencerahan dalam mengelola gaji Anda dengan lebih baik. Selain itu, dengan tips berikut ini Anda akan menjadi lebih cerdas dalam menggunakan uang.

Tips yang pertama adalah, anda harus memiliki anggaran tetap. Maksudnya, anda harus melakukan penghematan pengeluaran bulanan. Selain itu, buatlah anggaran jauh-jauh hari sebelum gaji turun. Anggaran seperti ini bisa anda perbaharui setiap dua hingga tiga bulan. Anggaran di sini maksudnya adalah mengelompokkan biaya, tabungan & investasi yang harus dibayarkan. Pastikan pula ada biaya sisa kebutuhan mendesak yang tak terduga. Tips ini bisa membantu mengendalikan pengeluaran berlebih yang menjadi masalah utama anda.

Source: okezone.com

 

Tips yang kedua adalah membaca dengan cermat slip gaji anda. Begitu Anda mendapatkan gaji, jangan hanya berkonsentrasi pada jumlah yang diberikan. Baca secara keseluruhan slip anda untuk mengetahui kesalahan yang mungkin dilakukan oleh bagian keuangan. Hal ini memang jarang terjadi tapi kemungkinan selalu ada apalagi jika anda bekerja di perusahaan yang besar. Pastikan jumlah gaji anda sesuai dengan kebijakan perusahaan beserta bonus dan insentif yang telah disepakati. Jika terjadi ketidaksesuaian, segera hubungi bagian keuangan dan mintalah penjelasan.

Baca Juga:  Gaji yang Tepat Untuk Pekerja Wanita

Tips yang ketiga adalah bayarlah cicilan anda dengan jumlah yang lebih besar. Angsuran ini meliputi tagihan telepon, listrik dan apa pun yang Anda punya untuk kelangsungan hidup anda. Oh ya, angsuran ini juga termasuk kartu kredit Anda. Sehingga setelah gaji anda dibayarkan, Anda akan tahu persis berapa banyak uang yang tersisa.

Tips yang keempat adalah membayar semua keperluan tanpa melalui perantara orang lain. Keperluan tersebut contohnya adalah belanja untuk pesta, keperluan bulanan, dan hal-hal lainnya yang selama sebulan kedepan.

Tips yang kelima adalah alihkan dana tabungan anda ke Investasi dan Asuransi. Pastikan Anda memiliki semacam asuransi dan bentuk investasi yang berkelanjutan. Walaupun anda sedang memiliki banyak uang, hal ini juga perlu diperhatikan. Investasi dan asuransi adalah alat pengelolaan uang yang direkomendasikan kepada setiap individu terlepas dari status keuangannya. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mulai mencari asuransi yang tepat. Anda juga bisa membeli instrumen penghematan pajak seperti obligasi pemerintah atau surat-surat berharga.

Baca Juga:  Tips Mengatur Uang Gaji

 

Tips yang terakhir adalah membuat tabungan untuk Keadaan Darurat. Sedikit demi sedikit anda bisa menyimpan uang lebih anda. Jika asuransi dan investasi lebih mirip dengnan alat keuangan yang direncanakan, Anda bisa membuat tabungan yang anda sendiri tidak tahu jumlahnya. Misalnya, gunakan celengan dan letakkan di meja kerja atau di dalam kamar Anda. Anda hanya perlu membuat komitmen kepada diri sendiri untuk mengisi tabungan tersebut. Selama periode tiga bulan, Anda akan terkejut saat mengetahui seberapa banyak uang yang terkumpul.

By | 2017-07-25T16:05:41+00:00 Juli 10th, 2017|Gaji|0 Comments