Terobosan Terbaru: Telepon Genggam Tanpa Baterai

/Terobosan Terbaru: Telepon Genggam Tanpa Baterai

Terobosan Terbaru: Telepon Genggam Tanpa Baterai

Jaman sekarang ini mobilitas pengguna hp atau telepon genggam memang begitu meningkat. Dari mendengarkan music, memutar video, menjelajahi internet, bahkan membuat dokumen-dokumen penting sudah bisa dikerjakan hanya menggunakan benda kecil yang disebut dengan smartphone ini. Daya guna yang tinggi itu tentu saja akan membuat frustasi tersendiri jika smartphone yang Anda gunakan hanya dapat bertahan sehari atau bahkan kurang, terutama bagi Anda yang sedang tidak membawa charger untuk mengisi ulang, bisa jadi sumber stress tersendiri.

Sudah banyak terobosan yang dilakukan para produsen smartphone untuk mengatasi masalah yang satu ini, dari menggunakan berbagai bahan baterai yang bisa tahan lama, menggunakan fitur-fitur fast-Charging, hingga menggunakan sinar matahari untuk membantu mengisi ulang daya. Semua itu tentu saja tetap menggunakan baterai.

 

Tapi tenang, riset yang dilakukan oleh Universitas Washington telah berhasil mengembangkan telepon bebas baterai pertama! Wow, bayangkan Anda pergi kemana saja tanpa perlu repot mengisi daya ponsel karena si ponsel dapat memanen dayanya sendiri dari cahaya dan gelombang radio yang tersedia banyak di lingkungan sekitar. Fantastik!

Baca Juga:  Sejarah Metode Bisnis Waralaba (franchise)

Paul G. Allen seorang professor teknik di Universitas Washington mengatakan di blog Universitas tersebut bahwa mereka telah membangun apa yang diyakini sebagai ponsel berfungsi pertama yang menghabiskan hampir nol daya.

Tentu saja, penemuan ini tidak langsung dalam bentuk smartphone canggih yang semerta-merta tanpa baterai. Prototipe minim daya yang dibuat ini hanya dapat menerima dan membuat panggilan. Peneliti menggunakan cara yang unik yaitu dengan menyingkirkan bagian pada ponsel normal yang paling haus akan kekuasaan: proses merubah sinyal audio analog menjadi data digital. Menurut posting di blog Universitas itu, proses ini menghabiskan begitu banyak energi sehingga tidak mungkin kita bisa merancang telepon yang hanya bisa mengandalkan sumber daya sekitar jika konsumsi daya masih begitu banyak.

 

Sumber: Paul G. Allen School – Youtube

Untuk menyingkirkan bagian proses tersebut, para peneliti merancang cara dengan menggunakan getaran kecil pada mikrofon dan speaker telepon lalu mengubahnya menjadi sinyal masuk dan keluar. Sayangnya, proses ini tidak memungkinkan ponsel untuk secara bersamaan mengirim dan menerima audio. Sebagai gantinya, Si penelepon harus terus memencet tombol Kirim atau Terima saat mengirim atau menerima panggilan. Hal ini membuat prosesnya menjadi seperti walkie-talkie dari pada ponsel sungguhan.

Baca Juga:  Ketika Anda Mulai Jenuh, Inilah Tips Agar Anda Tetap Menikmati Pekerjaan Anda

Prototipe ponsel ini sudah dilengkapi dengan beberapa tombol seperti angka 0-9, tombol * dan #, serta dua tombol untuk menerima panggilan. Ponsel ini menggunakan energinya dari sinyal radio yang dikirim dari titik pangkalan khusus dan sel surya kecil yang ada di board prototype ponsel tersebut. Tapi para peneliti itu mengungkapkan bahwa titik utamanya dapat di pasang di menara sell atau di Wifi router, sehingga akan mempermudah mobilitas pengguna ponsel tersebut.

Memang, terobosan ponsel ini masih belum sempurna, akan tetapi dari riset ini akan muncul pembaharuan lanjutan yang nantinya akan mewujudkan cita-cita Anda memiliki ponsel pintar tanpa baterai. Sudah tidak sabar?

By | 2017-07-25T16:05:41+00:00 Juli 10th, 2017|General|0 Comments