Tips mencari pekerjaan untuk para penyandang cacat (Disabiliti)

Ada banyak pekerjaan yang memuaskan untuk para penyandang cacat. Hanya membutuhkan dedikasi dalam mencari pekerjaan itu dan keinginan untuk keluar dari zona nyaman Anda. Lagi pula bagi mereka yang memiliki kemampuan yang hebat dapat membuat para perekrut kerja melihat nilai positif Anda itu meskipun fisik Anda tidak sempurna. Dengan pemikiran tersebut dalam benak Anda, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda melewati susahnya perjalanan mencari pekerjaan ini.

1. Pastikan Tujuan Anda

Sering kali banyak para penyandang cacat yang terjebak dengan kemauan mereka untuk menerima segala macam pekerjaan yang mereka dapatkan. Mereka tidak mencoba untuk mencari profesi spesifik yang benar-benar mereka inginkan dan kebanyakan mereka menekan apa yang menjadi ambisi mereka. Banyak para perekrut kerja yang ingin mengetes seberapa antusias Anda dalam beberapa pekerjaan tertentu.  Untuk itulah sangat penting untuk memperjelas apa yang Anda inginkan. Jika memang Anda tidak bisa mempersempit tujuan Anda menjadi jenis pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan, Anda bisa mempertimbangkan seperti apakah Anda ingin mengembangkan bakat Anda. Dengan memiliki garis tujuan yang kuat menunjukkan bahwa Anda benar-benar bersungguh-sungguh untuk melakukan kontribusi pada bidang yang Anda inginkan.

2. Cari Bantuan

Mencari pekerjaan sendirian mungkin bukan ide yang bagus. Dengan mendapatkan bantuan dari orang lain dapat meminimalisir kesalahan yang biasa Anda lakukan dan mungkin bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Ada banyak komunitass yang menyediakan bantuan untuk para penyandang cacat dalam mencari pekerjaan. Kenapa tidak mendengarkan pendapat mereka?

3. Tahu Kemana Harus mencari

Banyak kesempatan kerja yang ditawarkan melalui organisasi atau lembaga yang secara aktif mempromosikan mereka yang memiliki kekurangan. Di beberapa kasus, Anda mungkin dapat memanfaatkan proses perekrutan special disana. Itulah kenapa  ini merupakan langkah cerdas bagi Anda untuk bergabung di organisasi tersebut dan mendapatkan support darilembaga itu.

4. Perlihatkan ambisimu

Jangan terlalu malu dengan sahabat, keluarga atau orang lain yang Anda kenal di hidup Anda tentang  pekerjaan impian anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga mereka bisa melihat Anda sebagai sosok yang terus berjuang untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat, membuat orang lain melihat keseriusan Anda dan membuat Anda lebih optimis.

5. Lakukan kegiatan Volunteer

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari melakukan kegiatan sukarelawan. Banyak dari mereka yang menyandang disability mendapatkan kemampuan pemasaran, social, bisnis dari kegiatan volunteer dan bahkan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Selain itu bergabung dalam kegiatan ini akan membangun jaringan Anda. Siapa tahu bertemu dengan orang yang nantinya dapat membantu memberikan informasi pekerjaan atau memberikan saran yang membantu Anda. Kegiatan ini jelas lebih baik dari pada menutup diri dari dunia luar kan?

6. Berhati-hatilah dalam menunjukkan ketidakmampuan Anda

Anda pasti ingin berhati-hati dalam membeberkan kecacatan Anda saat mencari pekerjaan.Hal ini wajar, karena kita tidak ingin perusahaan memberi cap buruk terlebih dahulu sebelum melihat kemampuan kita atau menghakimi bahkan sebelum berkesempatan untuk bertatap muka.Untuk itulah banyak koselor untuk penyandang cacat merekomendasikan untuk tidak menyebutkan kekurangan Anda dalam resume atau surat lamaran Anda.

Namun ada juga beberapa saat dimana menunjukkan ketidakmampuan Anda terlebih dahulu justru menguntungkan. Sebagai contohnya, ketika Anda ingin melamar pekerjaan di agency federal, mungkin justru membuat Anda terpilih untuk tes pertama. Beberapa perusahaan kadang mencari professional yang cacat untuk menambah keanekaragaman dalam tim mereka. Selain itu dalam proses wawancara mungkin Anda hendaknya memberitahukan ketidaksempurnaan Anda jika Anda membutuhkan beberapa akomodasi tambahan.

7. Lakukan interview dengan professional

Setiap wawancara kerja merupakan saat dimana Anda harus menunjukkan kekuatan Anda. Untuk itu sebaiknya persiapkan dengan baik untuk menunjukkan bakat dan kemampuan Anda. Kadang, kecacatan Anda bisa menjadi topic perbincangan, untuk itu lebih baik jika Anda membalik kecacatan Anda dengan feedback positif dengan kemampuan special yang Anda miliki dibandingkan orang lain. seperti contohnya, kecacatan Anda menjadikan Anda lebih presisten, memiliki etik kerja yang bagus, dan memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan lebih baik dari pada professional lain.

8. Jangan Menyerah

Bahkan bagi orang yang normal saja pasti menghadapi masalah yang membuat mereka benar-benar buntu. Untuk itulah jika Anda tidak mendapatkan kesempatan yang Anda inginkan, jangan putus asa. Terus berusaha. Kepercayaan dan harga diri Anda adalah aset terbesar dalam diri Anda untuk terus berdiri. Ini hanya perkara waktu, sebelum akhirnya proses mencari kerja Anda mendapatkan hasil.

Cari lowongan disabilitas di sini > Bosloker Disabilitas

Persiapan untuk cepat kerja bagi Sarjana fresh graduate

Di era globalisasi ini, banyak sekali  univeritas baru jurusan baru dan semakin menjamur nya sarjana di era modern ini. Namun, semakin maju pesatnya dunia pendidikan tidak seimbang dengan lowongan pekerjaan yang ada sekarang ini. Lowongan pekerjaan yang ada sekarang ini memberi persyaratan yang cuku banyak tertama tentang pengalaman dan skill. Cukup sulit lulusan sarjana yang masih fresh graduate untuk segera mendapatkan pekerjaan di era sekarang ini. Namun, masih ada kesempatan ataupun peluang bagi lulusan sarjana yang masih fresh graduate untuk segera mendapatkan pekerjaan. Lulusan sarjana tidak hanya mempunyai kemampuan akademik yang mumpuni  tapi juga mempunyai kepribadian yang bagus dan juga skill yang mumpuni misalnya bisa berkomunikasi bahasa asing dengan lancar baik lisan maupun tulis, bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan lain sebagainya.

Mahasiswa mashasiswi di perguruan tinggi harus dibekali dengan berbagai skill lain sehingga mereka mampu untuk menghadapi dunia kerja dengan baik. Mahasiswa mahasiswi biasanya sering hanya dibekali dengan kemampuan secara teoritis  namun secara praktek masih sangat kurang, maka dari itu para mahasiswa ahasiswi terutama di semester akhir yang akan menjadi sarjana fresh graduate harus memutar otak untuk mereka bisa mendapatkan berbagai skill lain selain kemampuan secara teoritis. Di universitas, ada berbagai macam kegiatan yang menunjang berbagai skill terutama skill dalam berorganisasi,bekerja sama dalam tim dan skill dalam berbicara dan berpendapat. Di era modern ini, kemampun secara akademik saja tidak lah cupup, itu harus dimbangi dengan kemampuan sosial juga. Hal itu untuk membangun dunia kerja yang semakin luas. Anda sebagai sarjana fresh graduate bisa segera  mendapatkan informasi berbagai lowongan pekerjaan jika anda  bisa bersosialisasi dengan baik. Adapun berbagai langkah berikut yang bisa diikuti oleh sarjana fresh graduate untuk  segera mendapatkan perkerjaan dan membangun karier yagn diidam-idamkan:

  1. Kemampuan berbicara didepan publik( Public Speaking)

Kemampuan ini sangatlah penting karena ketika anda akan mencari pekerjaan. Pastinya bukan hanya tes tertulis saja tapi ada interview (wawancara). Kemampuan ini sangatlah diperlukan karena seorang karyawan pastilah berkomunikasi dengan para clientnya untuk menbangun sebuah kerja sama dalam bidang pekerjaan.  Jika anda belum bisa menguasai kemampuan public speaking ini. Anda bisa berlatih. Tidak ada yang tidak mungkin. Anda merasa bahwa anda masih malu dan grogi untuk berbicara didepan public. Hal ini bisa dilatih dengan cara ketika anda masih menjadi mahasiswa atau mahasiswi diperguruan tinggi anda bisa ikut serta dalam berbagai event yang ada di kampus anda yaitu menjadi pembawa acara di event tersebut, volunteer, guide dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Berjiwa kepemimpinan

Berjiwa kepemimpinan adalah langkah awal bagi anda untuk mendapatkan posisi didunia kerja. Ketika anda bekerja kemungkinan anda diberi tanggung jawab oleh bos anda untuk memimpin sebuah misi kaitan nya dengan pekerjaan. Maka dari itu sebelum mencari pekerjaan hal hal ini yang seharusnya anda persiapkan ketika anda akan memasuki dunia kerja.

5 Tips Untuk Mengatur Gaji Bulanan Anda

Dalam mengatur gaji bulanan memang sangatlah tidak mudah, karena jika kita salah mengaturnya bisa jadi kita akan kelaparan karena gaji yang kita dapatkan langsung kita habiskan dalam waktu seminggu dan minggu selanjutnya kita sudah menyesal karena menghabiskan semua gaji bulanan yang kita dapatkan. Jadi kita harus teliti dalam mengatur gaji bulanan dan juga memperhatikan setiap uang yang kita keluarkan untuk apa dan untuk membeli barang yang memang kita butuhkan atau hanya keinginan untuk menyimpan saja yang nanti akan berpengaruh terhadap keuangan kita. Dan itu semua akan dibahas di sini bagaimana untuk bisa mengatur gaji bulanan Anda.

  1. buatlah anggaran pengeluaran bulanan

dengan membuat anggaran pengeluaran bulanan Anda bisa mengkoordinir keuangan misalnya Anda membuat daftar kebutuhan pokok sehari-hari Anda dalam sebulan dan membuat juga daftar anggaran pengeluaran untuk Anda belanja atau shopping dan keluar bersama teman-teman selama sebulan

  1. simpan sebagian gaji untuk tabungan

sisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung karena uang tersebut bisa berguana saat kita sudah kehabisan uang atau saat kita sedang membutuhkan uang tambahan, kita tinggal mengambil uang yang sudah kita simpan dan uang ini bisa juga kita investasikan untuk keperluan masa depan kita.

  1. Buatlah laporan keuangan

Laporan keuangan memang sangatlah berguna karena kita bisa mengetahu untuk apa kita pergunakan uang dan berapa habis dalam setiap kali kita belanja hari-harian atau untuk kebutuhan per bulan. Laporan keuangan berguna untuk Anda supaya Anda dapat mengetahuai barang apa saya yang memang Anda perlukan untuk Anda belanjakan dan barang apa saja yang tidak perlu Anda belanjakan karena memang itu tidak di perlukan, dan untuk bulan ke depannya Anda sudah bisa menganalisis barang apa yang Anda inginkan dan barang apa yang memang tidak dibutuhkan. itu semua sangat membantu Anda dalam mengatur gaji bulanannya.

  1. Miliki dompet lebih atau juga rekening tabungan lebih

Memiliki dua dompet atau dua rekening sangat berguna Karena yang satu bisa dipergunakan untuk menyimpang uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari kita seperti, memberi uang jajan anak, belanja keperluan dapur, membayar tagihan dan lain sebagainya, sedangkan untuk dompet atau rekening kedua bisa Anda gunakan untuk menabung uang Anda. Dan jangan lupa Anda harus memperbanyak jumlah uang di dompet atau rekening pertama karena itu banyak membutuhkan uang dan dompet atau rekening kedua Anda bisa menyimpang sebagian uang yang lainnya, dan lakukan setiap Anda memperoleh gaji dan jadikan itu sebagai kewajiban yang memang harus Anda penuhi setiap bulannya.

  1. Melakukan investasi

Dalam melakukan tabungan investasi Anda bisa menyisihkan sedikit dari tabungan Anda yang memang jika masih ada kelebihan dananya bisa Anda pergunakan dana tersebut untuk berinvestasi sejak dini untuk keperluan atau kepentingan masa depan Anda seperti melakukan investasi dengan cara misalnya membeli emas atau perhiasan dengan jual yang tinggi. Kenapa investasi dalam bentuk emas sangat di sarankan karena emas tidak pernah turun harga karena harga emas mengikuti kurs dolar jadi saat nilai mata uang dolar naik otomatis harga emas juga naik dan sebaliknya jika kurs dolar turun maka harga jual emas juga akan turun akan tetapi itu tidak akan merugikan si investasi karena harga emas tidak akan berubah dalam sehari bukan seperti kita menanam saham yang kepastiannya tidak terjamin.

5 Profesi pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Jika kita sedang membahas pekerjaan pasti yang pertama kali timbul pertanyaan berapa gaji per bulannya? Apa sudah mencukupi kehidupan sehari-harimu? Itulah pertanyaan yang sering muncul. Apalagi tidak semua pekerjaan yang memiliki gaji yang besar itu semua tergantung pada pekerjaannya dan jika mau cepat kaya itu juga tergantung dengan cara bagaimana dalam mengatur pendapatan, pengeluaran, dan bagaimana cara dia berinvestasi sejak dini. Gaji merupakan suatu bentuk pembayaran yang diberikan oleh pemimpin atau bisa juga disebut dengan istilah majikan kepada karyawannya yang terikat dalam suatu kontrak atau perjanjian kerja. Dan di sini kita akan membahas pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

  1. Pilot pesawat terbang

Untuk menjadi seorang pilot pesawat terbang memang sangatlah tidak mudah, apalagi saat sebelum menjadi pilot mereka harus masuk ke sekolah penerbangan dulu, dan itupun tidaklah murah mereka bisa menghabiskan sangat banyak uang. Tetapi itu semua nanti bisa tergantikan saat dia sudah menjadi pilot pesawat terbang komersial dengan jam terbang yang cukup padat, sehingga bisa membuat gaji seorang pilot sangat besar. Seperti halnya maskapai Garuda yang memberikan gaji kepada pilot lokalnya bisa lebih dari Rp 70.000.000 per bulan serta dalam jangka waktu setahun mereka bisa diberikan gaji sampai 15,5 kali dalam setahun. Sedangkan dari maskapai Lion Air  sendiri mereka memberikan gaii pilotnya rata-rata mencapai Rp 45.000.000 per bulan, perusahaan maskapai Lion Air ini tidak membedakan tingginya gaji antara pilot asing dengan pilot lokal. Dan jika Anda berminat untuk bisa mendapatkan gaji lebih dari Rp 70.000.000 per bulan, berarti Anda cocok bekerja untuk menjadi pilot yang jam kerjanya yang cukup tinggi.

  1. General manajer hotel

Salah satu pekerjaan di Indonesia dengan gaji tertinggi adalah general manajer hotel, yang gajinya bisa lebih dari Rp 65.000.000 per bulan. General manajer biasanya bertugas dalam suatu organisasi hotel sebagai pimpinan eksekutif yang secara teknis bertanggung jawab terhadap setiap operasional hotel juga terhadap pemeliharaan hotel termasuk jika mengurus masalah perizinan dan juga bertanggung jawab terhadap setiap karyawan dan selalu menjaga properti hotel. Untuk menjadi general manajer membutuhkan pengalaman bekerja lebih dari 5 tahun di dalam bisnis perhotelan dan biasanya fungsi general manajer adalah mengelola, mengoordinasi dan memimpin segala bentuk yang bersangkutan dengan masalah perhotelan.

  1. Ahli Konstruksi

Banyak kalangan terutama kaum adam yang menginginkan bisa bekerja menjadi ahli konstruksi apalagi kalau sudah mendengar gaji yang mencapai Rp 60.000.000 per bulan. Dan kita tidak perlu tinggi-tinggi untuk melanjutkan kuliah karena Cuma bermodal pendidikan jenjang S2 saja sudah bisa menjadi alhli konstruksi.

  1. Landscape architect

Untuk bekerja sebagai landscape architech, Anda harus mempunyai pendidikan seorang arsitek yang sudah memiliki tangan terampil yang bisa mendesain area rekreasi, area publik dan area outdoor lainnya.  Dan jika sudah menjadi landscape architect Anda bisa mendapatkan gaji Rp 55.000.000 per bulan.

  1. Dokter spesialis

Memang semua orang bercita-cita sewaktu kecil ingin menjadi dokter tetapi tidak semua orang bisa menjadi dokter. Karena untuk menjadi dokter spesialis kita membutuhkan uang yang sangat banyak untuk membiayai kuliah hingga 10 tahun lamanya. Tetapi jika Anda sudah menjadi dokter spesialis biasanya Anda akan memiliki gaji pokok sebesar Rp 50.000.000 per bulan dan itu belum termasuk jika dokter spesialis sedang menangani operasi besar dan gaji mereka bisa bertambah lebih banyak lagi.

5 Profesi dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia yang Layak Anda Tekuni

Kalau kata orang-orang ada dua keputusan yang paling menentukan nasib hidup kita, yaitu dengan siapa kita menikah ataupun profesi apa yang akan kita tekuni sebagai pekerjaan. Memilih suatu pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat yang kita miliki adalah suatu hal yang sangat menyenangkan.  Memiliki pekerjaan yang bagus dengan gaji yang tinggi merupakan dambaan setiap orang, tak terkecuali saya sendiri. Tinggi rendahnya gaji seseorang sangat dipengaruhi oleh jenis profesi yang dia geluti dan pengalaman yang dia miliki. Di Indonesia ada begitu banyak profesi dengan gaji yang  tinggi  dan sangat layak ditekuni sebagai pilihan karier Anda, diantaranya:

  1. Dokter

Hampir setiap orang pernah bercita-cita untuk menjadi dokter. Profesi dokter memang menjadi profesi yang patut diperjuangkan. Selain kita dapat membatu orang, gajinya pun sangat fantastis. Apalagi jika kita dapat menjadi dokter spesialis, sudah pasti gajinya tambah besar. Kisaran gaji setiap dokter spesialis di Indonesia ditaksir sekitar Rp 15-17 juta per bulannya.

  1. Pilot Pesawat Komersial

Profesi yang paling berbahaya dan menantang untuk ditekuni adalah pilot. Untuk menjadi pilot tidaklah mudah, biaya sekolahnya yang mahal dan tuntutan jam terbang yang tinggi membuat tidak sembarang orang dapat menekuni profesi ini. Namun hal tersebut akan terbayarkan ketika Anda menjadi seorang pilot komersial dan menerima gaji Anda. Pasalnya gaji rata-rata untuk profesi pilot penerbangan komersial di Indonesia berkisar antara Rp 45 – 75 juta per bulannya. Waw, harga yang fantastis bukan.

  1. Anggota DPR

Di Indonesia menjadi anggota DPR memanglah menjadi keinginan banyak orang. Menjadi anggota DPR rupanya juga termasuk dalam jajaran profesi dengan gaji tertinggi. Bahkan gaji anggota DPR di Indonesia mendapat peringkat ke-4 di dunia. Bagaimana tidak, penghasilan tetap anggota DPR di Indonesia adalah 15 juta per bulan, itu belum termasuk berbagai tunjangan lainnya. Dalam sebulan setiap anggota DPR diperkirakan memiliki penghasilan RP 60-75 Juta Per bulan. Pantas saja setiap orang mendambakan memiliki pasangan hidup seseorang yang berprofesi sebagai anggota DPR.

  1. Ahli Teknik Peminyakan

Profesi ahli teknik perminyakan merupakan salah satu profesi yang sangat menantang dan berbahaya. Namun gaji yang ditawarkan untuk profesi ini sangat tinggi. Jadi tidak heran meskipun pekerjaannya berbahaya  tapi masih banyak juga orang yang memimpikan untuk bekerja sebagai ahli teknik perminyakan. Perusahaan minyak PT. Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional di Indonesia memberikan gaji Rp 7 juta per bulan bagi fresh graduate. Sedangkan untuk level senior bisa mencapai Rp 150 juta per bulan.

  1. Artis

Profesi ini memang merupakan profesi yang sangat menggoda. Pasalnya bayaran yang didapatkan sangat menggiurkan. Bayangkan saja, untuk artis yang tengah naik daun, mendapat bayaran sampai Rp 50 juta untuk sekali tampil. Ingat, hanya sekali tampil, kebayang dong sebulannya udah berapa. Namun untuk menjadi artis dengan bayaran segitu tidaklah mudah, mereka dituntut untuk menarik perhatian masyarakat sebanyak mungkin dan harus menjaga sikap dan image sebagai publik figur. Sehingga kehidupan pribadinya tidak lagi bebas.

Selain 5 profesi di atas masih banyak lagi profesi-profesi yang memiliki gaji yang tinggi dan dapat Anda tekuni. Tinggal bagaimana cara Anda untuk menyesuaikan dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Karena setinggi apa pun gajinya, jika Anda tidak memiliki bakat dan minat untuk melakukannya maka pekerjaan itu menjadi tidak berarti.

5 Cara Bijak Mengatur Gaji Bulanan

Gaji merupakan salah satu komponen penting ketenagakerjaan karena gaji adalah semua pembayaran atau balas jasa yang diberikan kepada karyawan secara periodik atas pekerjaan yang telah mereka kerjakan. Setiap pekerjaan dan kesulitan saat kita bekerja selama sebulan akan terlupakan di saat kita menerima gaji. Namun tak bisa dielakkan, saat memegang uang hasil gajian kita sering kali terlena dan lupa diri saat membelanjakannya. Sehingga tak jarang kita sering kehabisan uang pada pertengahan bulan.

Setiap orang pasti memiliki rencana untuk masa depannya. Rencana tersebut pastinya memerlukan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu, agar Anda tidak kehabisan uang pada pertengahan bulan dan rencana masa depan Anda dapat diwujudkan, maka Anda harus mencoba beberapa cara bijak mengatur gaji bulanan berikut ini:

  1. Melunasi Cicilan

Hal yang paling utama yang harus Anda lakukan di saat Anda telah memegang uang hasil jerih payah Anda adalah melunasi semua cicilan dan utang Anda. Jangan pernah menunda membayar cicilan, karena akan membuat Anda kesulitan dikemudian hari. Namun akan lebih baik jika Anda menghindari berutang atau membeli sesuatu secara kredit. Kecuali jika memang barang tersebut benar-benar Anda butuhkan. Satu hal yang wajib Anda ingat, agar Anda tidak terkena masalah keuangan, maka jangan pernah berhutang atau memiliki cicilan yang lebih dari 30% dari gaji Anda perbulannya.

  1. Membuat Evaluasi Anggaran Belanja Bulanan

Saat menerima gaji bulanan yang harus Anda ingat adalah uang tersebut tidak akan selalu utuh dan dapat digunakan untuk berbelanja. Belanja itu memang perlu, tapi hanya untuk hal-hal yang memang Anda butuhkan. Anda harus mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya, seperti kebutuhan untuk membeli pakaian, tas, kosmetik, dan termasuk biaya pengeluaran saat Anda makan di luar. Dengan begitu Anda dapat memilah-milah lagi keperluan mana yang benar-benar penting. Anda harus membuat anggaran per bulan Anda yang bisa Anda keluarkan, sehingga Anda tahu ke mana saja uang Anda terpakai sia-sia.

  1. Biasakan Penggunaan Uang Tunai Saat Berbelanja

Kartu kredit memang telah menjadi kebutuhan di zaman yang serba canggih ini. Namun penggunaan kartu kredit dapat membuat Anda menjadi gila dalam berbelanja karena kita tidak melihat langsung seberapa banyak uang yang telah kita habiskan. Jika kita menggunakan kartu kredit, tanpa kita sadari kita sering kali membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Oleh karena itu biasakan mencatat semua keperluan sebelum kita pergi berbelanja agar kita tidak membeli barang dengan sia-sia. Selain itu penggunaan uang tunai saat berbelanja sangat di anjurkan, agar kita tidak tergoda belanja yang macam-macam.

  1. Sisihkan Untuk Tabungan

Sebelum Anda membelanjakan gaji yang Anda dapat, ataupun setelah Anda membayar seluruh cicilan dan utang Anda, ada baiknya uang yang tersisa tersebut disisihkan sebagian untuk ditabung untuk mewujudkan rencana masa depan Anda. Sebagai saran, sebaiknya Anda memiliki 2 rekening bank yang berbeda. Pisahkan antara rekening bank yang uangnya akan Anda pakai untuk sebulan ke depan dengan rekening bank untuk tabungan masa depan Anda.

  1. Lakukan Perbandingan

Selalu lakukan perbandingan antara anggaran dengan pengeluaran. Lihat apakah uang yang Anda habiskan sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat. Hal itu agar Anda dapat mengetahui kegiatan apa saja yang Anda lakukan yang membutuhkan dana besar, sehingga Anda dapat melakukan revisi ulang terhadap anggaran bulanan Anda.

Dengan menerapkan cara bijak mengatur gaji bulanan akan menyelamatkan hidup Anda dari masalah keuangan.

Tips Menghindari Jebakan Lowongan Kerja Fiktif

Lowongan kerja menjadi incaran bagi banyak orang terutama bagi yang belum memiliki pekerjaan, peluang ini memberikan harapan bagi banyak orang. Namun sayangnya saat ini tidak sedikit lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, bahkan beberapa lowongan tenyata terbukti hanya fiktif atau palsu. Fenomena beredarnya lowongan pekerjaan palsu ini membuat para pencari kerja harus selalu waspada dan berhati-hati.

Apalagi di era perkembangan teknologi internet saat ini, banyak oknum yang kemudian dengan sengaja membuat situs lowongan kerja online palsu. Dengan kemudahan dalam mencari informasi bahkan kemudahan untuk langsung melamar pekerjaan tersebut dengan hanya beberapa klik saja. Kemudahan tersebutlah yang tetap harus Anda waspadai dimana saat ini banyak sekali lowongan kerja palsu atau fiktif. Nah, untuk menghindari diri dari berbagai jebakan lowongan pekerjaan fiktif, maka kami akan memberikan beberapa tips jitu untuk Anda yakni sebagai berikut :Memperhatikan Informasi Perusahaan

Tips pertama yang akan kami sampaikn untuk menghindari lowongan kerja palsu adalah dengan memastikan informasi mengenai perusahaan dengan benar dan baik. Informasi menganai perusaan menjadi hal penting dan utama sebagai dasar pertimbangan bagi Anda untuk melamar pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

Untuk meyakinkan dan memastikan berbagai informasi perusahaan tersebut, maka Anda dapat melakukan penyelidikan baik terhadap alamat situs website perusahaan, kontak nomer telepon dan alamat asli kantor yang diinformasikan kepada Anda. Jika nantinya ternyata hasil penyelidikan Anda didapati bahwa alamat yang digunakan perusahaan tersebut palsu atau informasi yang dicantumkan tidak dapat Anda temukan, maka lowongan tersebut patut untuk Anda curigai.

Memperhatikan Alamat Email Perusahaan

Selanjutnya bagi Anda yang mendapatkan lowongan kerja dari situs online, maka selalu perhatikan terlebih dahulu mengenai alamat email perusahaan tersebut. Pada lowongan pekerjaan online, perusahaan umumnya akan mencantumkan email resmi dari perusahaan tersebut. Nah, jika nantinya Anda mendapati lowongan tersebut tidak mencantumkan alamat email web based seperti gmail atau yahoo, maka perusahaan tersebut patut untuk dicurigai.

Waspadai Panggilan Interview Melalui SMS

Tips berikutnya adalah mewaspadai panggilan interview melalui SMS. Pada kenyataannya memang ada beberapa perusahaan resmi yang menggunakan SMS sebagi media untuk memanggil calon karyawannya guna melengkapi proses rekruitmen seperti interview. Akan tetapi, biasanya jika perusahaan menggunakan media SMS sebagai panggilan interview mereka pasti sudah memberitahukan hal tersebut melalui email maupun melakukan kontak terlebih dahulu pada Anda. Sehingga jika sevara tiba-tiba Anda mendapatkan panggilan interview langsung melalui SMS, maka hal tersebut juga patut untuk dicurigai.

Lowongan Kerja Dengan Meminta Uang

Hal yang sangat jelas terlihat pada lowongan kerja palsu atau fiktif adalah adanya permintaan sejumlah uang sebagai syarat pendaftaran maupun agar Anda diterima kerja. Hal tersebut tentunya menjadi sangat tidak masuk akal apabila calon pekerja yang ingin bekerja dengan tujuan mendapatkan uang sebagai penghasilan justru diminatai uang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Maka dari itu pastikan untuk tidak melamar pada lowongan pekerjaan yang meminta sejumlah uang, pastikan Anda tidak akan mengeluarkan biaya apa pun saat akan melamar di sebuah perusahaan.

Carilah Media Lowongan Kerja Terpercaya

Tips terakhir adalah dengan mencari tempat informasi atau media lowongan pekerjaan yang sudah terpercaya. Carilah tempat atau media lowongan pekerjaan yang sudah kredibel dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan dan memiliki nama yang sudah sangat popular dan terkenal.

Nah demikian lima tips yang dapat kami sampaikan agar Anda terhindari dari lowongan kerja fiktif atau palsu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang mencari kerja.

Tips Jitu Mencari Lowongan Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Lowongan kerja merupakan sebuah kesempatan atau peluang kerja dengan posisi tertentu pada suatu instansi maupun tempat usaha yang khusus disediakan untuk individu atau kelompok dengan persyaratan yang sudah ditentukan dan sesuai kebutuhan. Peluang kerja ini dapat Anda dapatkan salah satunya melalui bursa kerja, yakni sebuah tempat kompetitif yang diperuntukkan untuk para pencari kerja.

Bagi Anda yang baru saja lulus, mencari kerja tentu menjadi salah satu tantangan yang cukup besar dimana Anda dapat dikatakan baru pertama kali mencari lowongan pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan penampilan yang mengesankan pada HRD dari setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja di Bursa Kerja. Berikut ada beberapa tips jitu yang dapat dilakukan untuk pencari kerja utamanya bagi Anda yang baru saja lulus (fresh graduate) :

  1. Membuat Daftar Perusahaan Prioritas

Pada saat Anda berada di bursa kerja, maka buatlah daftar perusahaan yang menjadi prioritas Anda atau yang akan Anda masuki / dilamar. Pastikan terlebih dahulu jika perusahaan yang akan Anda masuki juga ikut berpartisipasi di bursa kerja tersebut.

  1. Periksa posisi yang dibutuhkan / disediakan

Setelah membuat beberapa daftar perusahaan yang Anda targetkan, selanjutnya pantau mengenai informasi ter-update mengenai posisi lowongan kerja di perusahaan tersebut. Berbagai informasi terbaru dapat Anda cari langsung melalui website resmi perusahaan tersebut.

  1. Mencari tahu posisi booth dari masing-masing perusahaan

Untuk mengetahui posisi booth perusahaan yang menjadi target Anda, maka dapat dilihat melalui peta atau denah lokasi yang sudah disediakan panitia. Cara tersebut dapat dilakukan agar Anda bisa lebih menghemat tenaga dan waktu.

  1. Berusaha untuk tenang dan tetap antusias

Tips selanjutnya adalah meyakinkan HRD perusahaan tertarget bahwa Anda mengisi lowongan kerja yang ada karena serius dan benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tetaplah tenang, santun dan ramah, awalilah pembicaraan yang sedikit santai dan utamakan untuk menjadi pendengar yang baik.

  1. Jalin keakraban dengan HRD

Seandainya memungkinkan Anda dapat melakukan pembicaraan secara langsung pada HRD senior. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi tentang perusahaan secara lebih mendalam. Selain itu HRD senior merupakan orang berpengaruh dalam proses rekruitmen.

  1. Selama melakukan interview, berikan penjelasan secara padat, singkat dan jelas

Berikan penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan keahlian Anda yang dapat menjadi kontribus bagi perusahaan tersebut, ketika Anda diterima untuk bergabung. Persiapkan beberapa pernyataan singkat mengenai diri Anda serta keahlian yang Anda miliki tersebut selama kurang lebih 2 menit saja.

  1. Selalu update informasi yang Anda miliki

Selanjutnya selalu update informasi Anda tentang penerimaan lowongan. Caranya dapat Anda lakukan dengan meminta konak atau kartu nama salah satu perwakilan dari perusahaan tersebut yang dapat Anda hubungi.

  1. Jika tidak mendapat informasi lebih lanjut maka segera hubungi perusahaan tersebut

Jika dalam waktu 1 minggu Anda tidak juga mendapatkan keputusan dari perusahaan. Maka Anda dapat langsung menanyakan pada pihak HRD tentang informasi penerimaan lowongan kerja melalui telepon.

  1. Fokuslah pada peluang lainnya dan jangan berputus asa

Jika nantinya perusahaan yang Anda targetkan tidak menerima Anda, maka jangan langsung berputus asa, karena masih banyak peluang kerja lainnya. Gunakanlah kecanggihan internet untuk mencari berbagai informasi lowongan kerja. Bahkan, Anda pun dapat leluasa memilih perusahaan dan jabatan yang diinginkan.

Nah demikianlah beberapa informasi mengenai tips jitu dalam mencari lowongan kerja bagi fresh graduate jika melalui jalur bursa kerja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Mengatur Uang Gaji

Uang gaji pasti anda dapatkan tiap bulannya dari perusahaan. Anda harus memikirkan uang gaji yang berasal dari perusahaan. Mungkin dengan uang dari hasil gajian anda bisa mendapatkan segalanya dan bisa banyak membeli suatu hal. Anda harus mengatur uang gaji anda untuk hidup masa depan anda. Anda harus memikirkan uang gaji anda untuk apa digunakan dan kapan untuk digunakan. Berikut tips cara mengatur keuangan anda hasil gajian :

  1. Menabung

Apakah anda suka menambung ? apakah anda sering menabung ? jika demikian, berarti anda memikirkan hidup anda di masa depan. Dengan menabung uang gaji anda akan lebih teratur. Semakin banyak anda menabung semakin luas pemikiran anda untuk melakukan kegiatan dengan uang. Buat rekening tabungan di bank agar anda menabung dengan mudah. Setiap anda menerima gaji anda harus memikirkan berapa banyak uang yang akan anda tabung. Menjadi pegawai janganlah boros menggunakan uang, karena uang sangat berharga ketika kita sudah tidak punya lagi pekerjaan.

  1. Membuat laporan keuangan

Membuat laporan keuangan salah satu solusi agar anda bisa mengatur uang dengan baik. Anda harus mencatat pengeluaran dan pemasukan anda tiap harinya sampai tiap bulannya bahkan sampai tiap tahun. Laporan keuangan membuat anda akan lebih mudah mengatur keuangan dan akan mengevaluasi pengeluaran anda tiap bulannya.

  1. Mengatur pengeluaran

Setiap hari pasti anda melakukan pengeluaran uang untuk kebutuhan anda sehari-harinya. Agar uang gaji anda bisa untuk menabung, anda harus mengatur pengeluaran anda. Ketika anda ingin memiliki sesuatu hal tapi uang anda tidak mencukupi, anda jangan memaksakan untuk membelinya. Atur uang sebaik-baiknya agar uang gaji anda bisa ditabung untuk masa depan.

Tips-Tips Gaji Cepat Naik

  1. Rajin bekerja

Ketika anda bekerja pastinya ingin cepat naik gaji. Kenaikan gaji sangat diharapkan oleh semua pegawai diperusahaan. Ketika anda rajin bekerja dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas, bos anda akan mempertimbangkan jabatan anda dan memepertimbangkan juga gaji anda tiap bulannya. Kenaikan gaji tergantung dari perusahaan dan tergantung juga dari anda. Bekerja malas, kerja tidak sungguh-sungguh, tidak benar dalam melaksanakan tugas, jangan berharap anda akan menerima kenaikan gaji.

  1. Tepat waktu dalam bekerja

Semua perusahaan pasti ada yang namanya waktu masuk kerja dan waktu pulang kerja. Jadwal tersebut sudah ditetapkan oleh perusahaan. Ketika anda bekerja dengan tepat waktu seperti, masuk kerja tidak terlambat, pulang kerja sesuai jam yang telah ditetapkan, bos anda akan mempertimbangkan gaji anda bahkan anda bisa jadi dapat bonus dari perusahaan. Bekerjalah dengan tepat waktu apabila anda ingin cepat naik gaji dan dengan disiplin anda juga bisa naik jabatan. Apa yang anda lakukan saat kerja, pasti akan dilihat oleh atasan anda.

  1. Kerjakan tugas sesuai target

Pegawai yang bekerja didalam suatu perusahaan pasti akan mendapatkan tugas dan pekerjaan yang diterima dari atasan anda. Ketika anda menerima tugas dari bos anda, segera kerjakan dengan baik dan sesuai target, akan lebih baik lagi anda mengerjakan lebih dari target. Dengan cara seperti itu bos anda akan memuji pekerjaan anda dan bos anda akan memikirkan jasa kinerja anda sehingga akan mengalami kenaikan gaji. Ketika anda punya keinginan seperti ingin gaji naik maka anda bekerja dengan penuh disiplin.

  1. Banyak berpartisipasi didalam perusahaan.

Selain bekerja diperusahaan, pasti banyak kegiatan lain didalam perusahaan anda untuk menunjang anda bekerja. Anda harus mengikuti berbagai kegiatan diperusahaan, seperti rapat, kunjungan kerja, dan seminar. Bos anda akan memikirkan jasa kerja anda ketika anda banyak mengikuti kegiatan perusahaan di luar pekerjaan.